Monday, 19 August 2013

Share on :
AD DESCRIPTION
Seamless Shift Gearbox 


Keuntungan utama yang didapatkan seamless shift gearbox adalah “stability” karena engine lebih smooth saat oper gigi. Rossi menggaris bawahi….efek seamless shift gearbox tidak terlalu banyak membantu perolehan lap time diawal-awal balap. Namun….keampuhan komponen ini baru dirasakan setelah kuda besi melibas jarak puluhan lap….
Gear box yang baru tidak banyak merubah raihan waktu. Kita sudah coba membandingkan dengan versi konvensional. Namun….perbedaan baru terasa setelah melahap 15-30 lap sebab motor menjadi lebih mudah dikendarai, lebih stabil saat akselerasi serta jauh lebih anteng ketika direm. Selain itu, buatku….seamless shift gearbox bagus untuk ban karena mengurangi stres berlebihan yang akhirnya menguntungkan rider. Motor lebih mudah digeber hingga limit dengan kecerendungan minim kesalahan. Jadi aku rasa SSG sangat penting untuk membalap jarak jauh lebih dari satu lap. Rasanya luar biasa…..akselerasi jauh lebih bagus. “ seru The Doctor…..
Tidak puas sampai disitu, Vale kembali menerangkan kelebihan Seamless shift...”Jika kamu ingin oper gigi pada saat rebah ekstrim-pun, semua bisa dilakukan dengan mudah. Kamu tidak perlu merubah gaya berkendaramu, hanya memakai beberapa trik untuk memaksimalkan kinerja gearbox agar lebih cepat” terang Rossi.
Saat ditanya kapan tim Yamaha resmi menggunakan seamless shift gearbox??. Doi berujar…“Aku belum tahu. Kita berdua bersama Jorge sedikit memaksa agar mendapatkan komponen tersebut secepatnya sebab memang sangat bagus. Sekarang saja…..terasa kurang nyaman balik menggunakan versi konvensional setelah jajal seamless shift. Tapi Jepang pusat mengatakan untuk tenang. Gearbox adalah komponen vital dan kita harus siap 100 persen. Harapan kita sih secepatnya” tutup Rossi….

Perbedaan gearbox berteknologi seamless dengan gearbox biasa terletak pada kecepatan waktu perpindahan antar gigi transmisi.Sekadar perbandingan, motor Rossi membutuhkan waktu rata-rata sekitar 0,042 detik untuk melakukan perpindahan gigi, sedangkan Lorenzo membutuhkan waktu rata-rata 0,35 detik.Bandingkan dengan Marc Marquez (Repsol Honda) yang hanya membutuhkan waktu 0,010 detik saat melakukan perpindahan gigi.
Itulah sebabnya, teknologi gearbox tanpa kelim akan diyakini akan meningkatkan performa dan daya saing Yamaha YZR-M1.Meskipun demikian, Rossi mengingatkan bahwa penggunaan teknologi gearbox tanpa kelim tersebut bukan menjadi faktor penentu kecepatan motor untuk diadu membalap per lap di arena balapan.
"Bagi saya, penggunaan seamless gearbox tak mengubah banyak hal, maksud saya soal waktu per lap," ujarnya.Dia menegaskan manfaat teknologi gearbox tanpa kelim itu baru terlihat ketika pebalap berkompetisi untuk 20 hingga 30 lap.
"Karena motor menjadi mudah dikendarai dan akselerasinya lebih stabil. Pengereman pun menjadi lebih stabil," ujarnya.Rossi mengingatkan selain gearbox, masalah pilihan ban justru lebih krusial dalam memenangi balapan. Kendati menggunakan gearbox tanpa kelim, kalau salah dalam memilih teknologi ban, maka kinerja motor menjadi tidak maksimal.
"Seamless gearbox sangat signifikan bagi ban karena akan mengurangi tekanan terhadap ban," ujarnya.Yang menjadi pertanyaan, kalau faktanya menunjukkan Marc Marquez sukses memuncaki klasemen disusul rekan satu timnya di Repsol Honda, Dani Pedrosa di posisi ke-2, mengapa Yamaha tidak sesegera mungkin mengadopsi teknologi gearbox tanpa kelim itu?
Jawabannya mungkin mengacu kepada hasil Moto GP musim 2012 yang dimenangi Lorenzo kendati tanpa dilengkapi dengan seamless gearbox seperti yang digunakan Dani Pedrosa.Logikanya, Yamaha akan semakin tak tertandingi Honda jika benar-benar mengadopsi garbox tanpa kelim tersebut, tapi kapan ya?
sumber :
http://www.bisnis.com/m/moto-gp-indianapolis-rossi-ngebet-dengan-gearbox-teknologi-seamlesshttp://iwanbanaran.com/2013/08/16/motogp-apa-kata-rossi-tentang-seamless-shift-gearbox-yamaha


Rossi Ngebet Pengen Coba Teknologi Seamless Shift Gearbox
Reactions:

2 comments:

  1. Hallo kita ada juga nih artikel tentang 'Gear Box', Silahkan kunjungi dan dibaca. Ini linknya;
    http://repository.gunadarma.ac.id/bitstream/123456789/938/1/20406526.pdf
    Thank you.
    Semoga bermanfaat.

    ReplyDelete
  2. @Alif Bhakti
    ok,nanti saya kunjungi situsnya,terima kasih atas komentarnya

    ReplyDelete

Silahkan berkomentar dengan sopan,tanpa ada unsur SARA dan tidak boleh pasang link aktif

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...