Mp3Gratisan

Monday, 24 June 2013

Share on :
AD DESCRIPTION
AD DESCRIPTION
Di era 2000an ini jumlah kartun yang ditayangkan di TV lokal kita sepertinya semakin sedikit saja.Bisa dihitung dengan jari,berapa kira-kira jumlah kartun yang masih ditayangkan.Kalau kita sering menyaksikan,cuma di beberapa stasiun TV saja yang mau menayangkan,itupun tidak setiap hari.Seperti di Global TV,yang rutin ditayangkan biasanya SpongeBob Squarepants,The Penguin Of Madagaskar,trus Thomas and Friends.Sedangkan di Indosiar entah masih ada atau tidak,kalau minggu ada acara hiburan,tapi bukan kartun melainkan Tokusatsu : Ultraman,Kamen Rider The Movie,dan anime : Dragon Ball,Pokemon,sama Balap Mobil antar Galaksi.

Sementara RCTI kelihatannya juga masih menayangkan,kalau tidak salah judulnya Larva,Lalu di channel lain,seperti SCTV sama sekali tak menayangkan kartun lagi.Mungkin yang agak banyak di MNC TV,ada beberapa yang ditayangkan seperti : The Owl,trus Oscar Oasis,Disney (mickey mouse) dan masih banyak lagi,tak bisa kusebutkan satu-satu.Untuk TVRI bagaimana ? Haha..Hampir lupa,sekarang tak ada lagi kartun di TVRI,apalagi sekarang TVRI di TV ku gambarnya gak jelas,rada buram jadi tak pernah kutonton lagi channel itu padahal dulu suka banget nonton acaranya karena bagus-bagus.Dan yang jadi favoritku adalah acara mbangun deso (Den Baguse Ngarso) hehe..mungkin diantara kalian yang pernah merasakan hidup di tahun 90an juga pernah lihat acara itu.


Keberadaan kartun yang semakin berkurang ini dikarenakan pergantian Tren mode dan Gaya Hidup.Kartun kini diganti sama sinetron yang makin membludak tapi tak mendidik,ditambah lagi muncul era boyband yang sepertinya membawa demam bagi banyak orang,terutama cewek sampai tergila-gila.Akibatnya,banyak dibentuk grup boyband yang sebenarnya Cuma meniru Korea,bahkan girlband juga mulai bemunculan satu demi satu.Soal kualitas,kalian bisa menilai sendirilah kira-kira bagus/tidak..Haduh,kenapa acara TV makin aneh dan gak jelas ya,jadi prihatin rasanya melihat anak sekarang disuguhi tontonan yang sebetulnya belum boleh dilihat.

Musik juga gitu,anak kecil sekarang sukanya music cinta-cintaan,tak seperti dulu.Dijamanku kecil,masih banyak lagu anak-anak yang pas untuk didengar semua anak.Eh,kok jadi cerita lagu anak ya hehe..nanti aja deh tak bahas diposting selanjutnya untuk lagu anak-anak terpopuler di jaman dulu.Sekarang balik lagi ke soal kartun,Nah karena kangen dengan kartun dulu yang tak lagi diputar di TV maka kucoba mencari lagi,kartun apa saja yang dulu pernah tayang di Indonesia.Meskipun awalnya,lupa-lupa ingat tapi dengan bantuan google akhirnya posting ini jadi juga.

Sebenarnya pas aku cari terkadang ketika ku ketik satu judul kartun eh malah ketemu kartun  yang lain,Akhirnya terkumpul lumayan banyak,kira-kira ada 25 judul kartun.Tapi mungkin yang ku share ini belum seberapa,karena kebanyakan berdasar ingatan dan hanya yang kira-kira populer saja yang akan dibahas kali ini.Tentunya tidak akan ku bahas 25 kartun sekaligus karena jadinya panjang.Nanti akan kubagi dalam 2 part biar nggak capek baca reviewnya lagi.Well,kira-kira apa sajakah kartun yang dulu ditayangkan di TV Indonesia ?

Bersiaplah semuanya,karena kita akan segera bernostalgia sejenak..haha.Dan berikut inilah nama-nama kartun tersebut :

Adventures Of Sonic The Hedgehog


Masih ingat dengan Sonic ? Gara-gara kartun ini aku jadi suka main game petualangan dulu.Kartun ini menceritakan seekor landak yang punya kepribadian yg lucu,riang,tapi nakal dan berusaha melindungi planet Mobius dari ulah jahat Dr Robotnik.Sonic punya kemampuan special yaitu cepat larinya.Sonic punya seorang teman bernama Miles.Dia adalah seekor rubah yang memiliki 2 ekor yang bisa digunakan untuk terbang.

Babar The Elephant


Tokoh Babar ini diambil dari cerita di buku Jean de Brunhoff dan Laurent de Brunhoff.Disini diceritakan Babar adalah gajah muda yang mengalami banyak tantangan dan petualangan.Babar pernah melihat sendiri ibunya dibantai oleh seorang pemburu dan ia pun melarikan diri dari Great Forest ke kota, di mana ia dirawat oleh seorang Nyonya Tua. Babar belajar cara bekerja di dunia dan kembali ke tanah gajah dengan penuh ide-ide untuk kemajuan tempat itu. Para tetua gajah melihat bahwa Babar telah menjadi bijaksana melampaui usianya dan menobatkan dia sebagai Raja Baru tanah gajah.

Bob the builder


Bob the Builder!!! Can we fix it?? Yes we can!.Itulah penggalan lirik lagunya yang masih kuingat sampai sekarang.Bob ini adalah seorang pekerja bangunan.Dalam pekerjaannya,Bob dibantu oleh mobil mesin-mesin bangunan,Mereka semua ternyata bisa berbicara seperti manusia juga.Kartun ini menekankan bagaimana caranya menyelesaikan masalah, kerjasama, sosialisasi dan belajar menggunakan keterampilan dengan baik.Pas banget untuk ditonton anak-anak sekaligus mengajarkan banyak hal positif pada anak.

Casper and Friends


Nah kalau yang satu ini pasti belum lupa kan ? Casper si hantu baik hati yang suka menolong orang,tapi yang di tolong kebanyakan kabur karena ketakutan.Casper menjadi sendirian dan tak punya teman.Di episodenya,Casper disuruh ketiga pamannya untuk bersikap seram seperti hantu,karena Casper memang Hantu jadi dia juga mesti melakukan kebiasaan hantu.Tapi Casper tak mau seperti ketiga pamannya itu.Seringkali ia bertemu anak kecil yang tak takut melihatnya,dan merekapun bermain bersama,jika anak itu dalam masalah Casper siap kapanpun membantunya.

Dennis the Menace


Kayaknya ni kartun dulu pernah tayang di Lativi,tapi lupa jam tayangnya.Tokoh utama di kartun ini adalah Dennis,yah seperti Judulnya..Dennis adalah anak laki-laki dengan rambut pirang dan sedikit nakal yang selalu berpetualang dengan anjing kesayangannya (Ruff).Dennis punya banyak teman,diantaranya adalah Joey, Margaret, Gina, Tommy, Peebee dan Jay.Karena sifatnya yang nakal,Dennis sering menyusahkan tetangga (Mr Wilson) dengan ulahnya itu.Tapi sebenarnya Dennis itu baik hati.

Franklin The Turtle


Franklin!!! begitulah nama karakter kura-kura ini.Dia tinggal di sebuah desa kecil bernama Woodland dengan teman-temannya, dan memiliki banyak petualangan.Franklin suka berenang, seni dan kerajinan (terutama gambar). Dia dikenal sebagai kura-kura yang takut gelap dan badai. Franklin memiliki sahabat bernama Bear, serta selimut biru dan boneka anjing biru bernama Sam. Setiap malam ia tidur dengan selimut dan Sam.Selimut itulah yang menjaga Franklin disaat takut karena hujan badai.

Inspector gadget


Inspector Gadget adalah cyborg polisi yang memiliki banyak peralatan,atau biasa disebut “gadget”.Ia dapat memanggil alatnya itu dengan mengatakan "Go-Go-Gadget".Meskipun ia memiliki banyak peralatan,Gadget tak bisa menggunakannya dengan baik untuk mengatasi rintangan dan Seringkali ia selamat dari situasi berbahaya karena keberuntungan saja, dengan bantuan dari keponakannya (Penny) merkapun berusaha memecahkan setiap kasus. Bahkan karena ulahnya sendiri,gadget-nya sering mengalami kerusakan.

Johnny Bravo


“Enough about you, let's talk about me, Johnny Bravo." Kata-kata itu yang jadi slogan si Johnny ini.Johnathon "Johnny" adalah cowok narsis dan meskipun badannya kekar berotot,Si Johnny ini ternyata banyak sialnya,karena tak bisa menarik hati wanita.Yang mudah diingat dari karakter Johnny ini adalah kebiasaanya pamer untuk mengesankan wanita, yang disertai oleh suara keras dari efek suara cambuk. Lalu Johnny berteriak "Dia ingin aku!" dan "Wooaahh Mama!" setelah itu,eh..malah si perempuan memukulinya karena menolak dan menganggapnya cowok aneh.Haha..Uniknya,tokoh Johnny ini bahkan membuat Cristiano Ronaldo ingin ikutan meniru gaya rambutnya? woow!!

Marsupilami


Pertama lihat kartun ini di RCTI aku sempat penasaran,sebenarnya Marsupilami itu makhluk apa ya? Bentuk tubuhnya seperti monyet,tapi kok ada corak seperti macan tutul ditubuhnya.Apalagi warnanya juga kuning.Anehnya lagi ekornya panjang banget.Malah bisa dipakai melompat.Kalau mau lompat ekornya berubah bentuknya menyerupai per spiral.Yang kuingat ada bunyinya juga saat melompat seperti “Boing..Boing”.Keunikan lainnya,Marsupilami ini punya bunyi yang khas,dia selalu berteriak “Houba..Houba”.Musuh utamanya adalah pemburu dan seekor macan tutul.Marsupilami punya keluarga,terdiri dari Pasangannya dan ke 3 anaknya.Marsupilami betina punya suara khas juga,”Houbi..Houbi” begitulah bunyinya.Mungkin artinya sama dengan “Houba” tadi,tapi terdengar lebih feminim.

Mr Magoo



Mr Magoo Quincy adalah seorang lansia, pria botak yang penglihatannya sudah kabur, ia sering salah menganggap benda didepannya.Meskipun tidak tahu,tingkahnya sering menjengkelkan orang lain.Keras kepala sudah menjadi sifatnya,jika ditegur orang tentang kesalahannya itu,Mr Magoo selalu marah dan menyalahkan orang tadi.Kartun ini pernah tayang setiap sore hari di TPI,tapi aku cuma nonton beberapa episode saja,karena durasi tayangnya tidak lama,dan diganti dengan kartun lainnya lagi.

つづく


Kartun Jadul Yang Pernah Tayang Di Indonesia [Part 1]
Reactions:

8 comments:

  1. Dari kartun yg dibahas bagiku yg jadul cuma dua : Casper (TPI:1990) dan Mr Magoo lainnya kuanggap semi jadul(mulai akan jadul). Nih kartun jadul yg populer dimasanya: Flash gordon, Space ghost, Joni quest, Voltron, MASK, Astro boy versi 80-an, Tarzan bukan dr disney, G Force/ Gatchaman, HE-MAN, Thunder cat, Conan the barbarian, Captain planet, Kimba the white lion, Gobots, TMN Turtles versi awal. Untung stasiun TV lokal ditempatku hampir tiap hari menayangkan kartun2 jadul salah satunya Saint seiya.

    ReplyDelete
  2. @Humam
    wah kok cuma 2 yg dianggap jadul,padahal kupikir kartun diatas udh 10 tahun yg lalu kutonton.Klo yg kmu sebutkan itu beberapa malah aku blm prnah nonton gan.Eh,saint seiya bukannya anime ya gan? kok disebutin jga

    ReplyDelete
  3. Mungkin waktu itu Agan masih bayi jd blm ngerti, ponakanku dulu pas pertama liat kartun cuma bengong tapi kalau tv dimatikan menangis padahal blm bisa ngomong. Yang kupahami kartun merupakan film animasi jadi semua animasi kuanggap kartun terbagi 2 yaitu kartun Barat dan kartun Jepang (anime). Kimba the white lion ceritanya mungkin agak ekstrim utk anak2 jaman sekarang, ada unsur kekejaman dan jg menyedihkan tapi penuh perjuangan. Joni quest kisahnya penuh adventure menyingkap berbagai misteri mitos dan arkeologi (seru menegangkan) spt film Indiana jones. He-man dan Conan the barbarian temanya spt thunder cat py pedang pamungkas. Gobots mrpk versi awal Transformer. Captain planet ceritanya ttg sekelompok remaja terpilih yg masing2 py cincin berkekuatan ajaib dan jika semua disatukan membentuk sesosok super hero yg py kemampuan super. MASK ceritanya ttg mobil2 yg memiliki berbagai fitur dan senjata canggih sangat populer sampai mainannya laris dijual. G Force/Gatchaman spt super sentai py berbagai senjata dan pesawat canggih tapi tidak py robot besar versi movie tokusatsunya akan dirilis Agustus mendatang.

    ReplyDelete
  4. @Huda
    Betul juga ya,mungkin aku msih bayi wktu itu.Setelah coba kuingat lali beberapa kartun itu,ternyata Kimba the white lion prnah kutonton..tau gambarnya tpi lupa judul kartunnya.Memang ada unsur kekejaman dikartun itu,tpi menurutku nilai perjuangannya juga besar,jdi ya ditonton anak2 masih boleh.Sedangkan yg lainnya (He-man dan Conan the barbarian,Joni quest,Gobots,Captain planet,MASK dan G Force/Gatchaman)sama sekali blm prnah nonton.Wah,ada movie tokusatsu bru lagi nih..jdi pengen liat movienya

    ReplyDelete
  5. Ponakanku dulu pas liat Kimba malah langsung nangis pdhal baru opening lagunya dulu tayang di SCTV lalu pindah ke ANTV atau RCTI rada lupa, Kayaknya bagus jg kalo film Kimba dibahas. Lagi bingung atau lagi ngantuk nih? ntar sobat lain bingung pas baca komentar si agan ini lg ngomong sama siapa gitu @Humam or @Huda Menurutku gak masalah yg penting isi komentarnya bisa menambah wawasan melengkapi materi postingan.

    ReplyDelete
  6. @Humam
    ngantuk gan,bales komen pas malem2,jdi salah sebut.Nah si agan namanya bnyk bgt ganti2 terus.Yg asli mana gan?hehe..Kimba nanti tak cba bahas juga gan,sekalian biar pda inget sama kartun yg satu ini

    ReplyDelete
  7. Temen2ku penggemar kartun anime, tokusatsu dan film action, saling tukar info dan copy film2 termasuk mengunjungi blog atau situs yg memuat download film Jepang, ditempat belajar ada 2yg bernama Huda. ponakanku jg py lebih darisatu emailnya kalo lupa sandinya pakai email lain hehe.. . yg penting bisa segera memakainya. kamu dulu liat Kimba sempat mau nangis gak? semangat perjuangannya patut ditiru sayang sekarang gak ada tayangan semacam itu.

    ReplyDelete
  8. @Humam
    dulu liat kimba masih kecil gan,udh lupa nangis/nggak.Rasanya sih cuma sedih aja,nggak sampai nangis.Iya bner,aku juga pengen lihat tayangan yg membuat semangat spt dulu.Skrng susah cari yg spt itu

    ReplyDelete

Silahkan berkomentar dengan sopan,tanpa ada unsur SARA dan tidak boleh pasang link aktif

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...